Mengenal Uricran, Hindari Anyang-Anyangan yang Mengganggu


Kebiasaan buruk bawaan aku dari lahir adalah males.

Kalau tante Sarah Sechan itu kece dari lahir, bedanya aku Malasnya yang dari lahir.

Nah, begitulah kemudian kemalasan itu juga berlaku hampir di seluruh aspek kehidupan aku, mulai dari mandi, sekolah, sisiran, sampe hal macem pipis pun malas. Pada ujungnya kelakuanku ini jadi bahan omelan mamah sejak dulu, terutama kebiasaan nahan pipis. Katanya ngga baik anak perempuan nahan-nahan pipis, bisa jadi ladang penyakit. Tapi apalah daya anak satu ini,  nasihat masuk kuping kanan sekilas hanya lewat kemudian hilang. Apalagi kalau udah nanggung lagi nonton kartun seru di TV atau lagi asik males-malesan di tempat tidur sambil baca novel,   itu perasaan kebelet pipis bisa aku tahan berjam-jam. Bahkan hingga di masa kini aku kerja pun pipis pun bisa aku skip beberapa jam hingga sudah di ujung tanduk barulah aku ngibrit ke toilet.

Sangat tidak recommended, dan bukan untuk ditiru di rumah ya adek-adek!

Jadilah gara-gara kelakuan minus itu, termasuk didalamnya engga menggubris nasihat orangtua, terkena tulak lah aku ini. Anyang-anyangan namanya, kebiasaan buruk masa kecil itu bikin aku kena penyakit yang bener-bener bikin ngga nyaman. Aku ngalamin sakit saat buang air kecil, bahkan sampai terasa panas dan menyengat. Seringkali Urine yang dikeluarkan pun nggak banyak tapi sensasi kebeletnya masih terasa dan bikin aku harus nongkrong lama-lama di toilet untuk memastikan aku sudah bener-bener buang air kencing sampai habis. Kata mamah kalo di kampung namanya “Jeungjeuriheun”.

Dalam kondisi terparah dalam hidupku berkat ketidakpatuhanku terhadap nasihat orangtua, Beberapa waktu yang lalu aku bahkan sempat masuk IGD Rumah Sakit di bilangan Cawang karena sakit yang ngga sembuh sembuh di bagian bawah perut. Rasanya semacam nyut-nyutan di dalam tapi tak tahu sebab musababnya. Akhirnya setelah ditanyai oleh dokter yang berjaga malam itu, darah dan urine aku diambil sampelnya untuk dicek.

Selesai menunggu hasil test darah dan urine, kemudian muncullah hasil dari dokter yang menyatakan bahwa aku kena Infeksi Saluran Kemih. Kemudian aku dikasih obat buanyaak banget, disuruh kontrol lagi seminggu kemudian, dan tabunganku amblas karenanya.

Ah. *hirup nafas*.

Jadi kemudian setelah divonis sama dokter *tsahh* bahwa aku kena Infeksi Saluran Kemih, barulah aku mawas diri dan nyoba nyari tahu lebih dalam soal ISK, baru kemudian aku sadar kalo gejala yang aku alamin yakni Anyang-anyangan itu adalah bagian dari warning kalo aku bakalan kena Infeksi Saluran Kemih.

Infeksi Saluran Kemih sendiri adalah Infeksi dan Peradangan yang terjadi pada saluran urine, pada umumnya terjadi disebabkan oleh bakteri. Infeksi ini bisa terjadi sama siapa aja, anak-anak, dewasa, tua-muda, pria-wanita, tapi katanya wanita bisa jadi korban yang paling beresiko terkena ISK, sebabnya adalah karena saluran Uretra wanita lebih pendek jika dibandingkan dengan pria.

Penyebab dari Infeksi Saluran Kemih umumnya adalah bakteri, yaitu Bakteri E. coli.

“Eh padahal itu bakteri kan berkembang di bagian saluran buang air besar?”.

Nah, justru itu masalahnya koq bisa?, dan kenapa pula wanita yang lebih rentan dan rawan terkena Infeksi ini, pun ada hasil penelitian yang menyebutkan 5 dari 10 wanita di dunia pernah mengalami Infeksi Saluran Kemih ini.

Sebabnya tak lain karena saluran anus dan uretra wanita yang berdekatan sehingga memungkinkan bakteri E. Coli ini yang biasa nongkrong di anus kemudian berkembang dan menyerang uretra wanita. Sebab lain yang makin mendukung adalah cara membilas setelah BAB yang salah. Pembilasan yang benar adalah dari bagian depan ke arah belakang. kalau dilakukan sebaliknya memungkinkan terbawanya bakteri E.  Coli ke area kewanitaan. Belum lagi kalau kita-kita jalan ke pusat perbelanjaan kemudian kebelet dan menemukan toilet duduk ‘seadanya’, tak sedia tisu dan pembersih pula, ini perlu diwaspadai dan diperhatikan karena toilet duduk juga menjadi sumber pabrik E. coli jika tak terawat dan tidak bersih.

Kan ngeri.

Saran aku sih usahakan cari toilet jongkok, yang meskipun ‘enggak kece’ tapi kesehatan kelamin lebih terjaga.


Nah, terus gimana cara mencegah biar kita terhindar dari ISK ini?.


  • Biasakan untuk tidak menahan kencing. Kalau sudah ingin berkemih, segera ke toilet, agar menghindari kandung kemih tidak tegang dan rentan terkena infeksi
  • Biasakan untuk membilas dari arah depan ke belakang, bukan sebaliknya.
  • Perbanyak konsumsi air putih.
  • Konsumsi jus Cranberry sebagai pencegahan dan sekaligus pengobatan ISK.


Kira-kira gimana hubungannya buah Cranberry dengan ISK tadi ya?.

Cranberry atau yang nama latinnya Vaccinicum oxycoccos adalah sejenis tumbuhan semak yang tinggi kandungan Vitamin C-nya, sudah begitu juga tinggi serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, quercetin, plus senyawa fitokimia, dan terutama Cranberry memiliki antioksidan proanthocyanidin yang melawan dan mencegah pertumbuhan bakteri E.coli penyebab Infeksi Saluran Kemih.

Nah, sekarang masalahnya di indonesia ketersediaan buahnya sendiri perlu dipertanyakan, harus kemana kalau mau nge-jus?. Nyari di abang tukang jus jarang ada, paling banter ditawarin abangnya “Buah Naga aja neng? Kan sama-sama merah?”. “Apa buah stroberi? Nanti abang korting dah harganya?”.

Lumayan sih dapat diskon abang jus *ngayal*, tapi jadinya dapet nggak manfaat dari Cranberrynya?.

Hayoo. . .

Nih, aku kasih tau solusi simpelnya buat yang lagi ubek-ubek isi kulkas nyari buah merah kecil-kecil tapi malah nemunya rambutan, kalian ngga perlu khawatir, sekarang udah ada Prive Uri-cran dari Combiphar yang sudah muncul bak pahlawan bertopeng sambil bawain extract Cranberry khusus untuk kita, dan lebih khusus lagi untuk para wanita penjaga kesehatan kewanitaan agar selalu sehat dan optimal biar disayang suami *eh*



Prive Uri-cran hadir dengan 2 varian yang bisa kamu pilih sesuka hati, yaitu kapsul dan serbuk. Aku sendiri prefer yang serbuk karena bisa aku seduh kapan aja, plus bisa aku tambahi es biar seger minum siang-siang. 






Udah gitu kemasannya juga simpel dan lucu buat dibawa kemana-mana. Uricran serbuk ini adalah adik dari sang pendahulu ; Uricran kapsul, dimana minuman serbuk ini didalamnya sudah ditambahkan kandungan baik lainnya bagi tubuh yaitu Vitamin C dan Probiotik yang berguna juga untuk menjaga kesehatan pencernaan plus kesehatan saluran kemih dan vagina.




kamu akan dapat info lanjut kalau langsung main ke website resminya disini, atau follow aja akun social medianya Facebook dan Instagram

disitu kamu juga bakalan dapet penjelasan soal Anyang-anyangan juga kaitannya dengan buah Cranberry dengan ilustrasi yang lucuukk 




2 komentar:

  1. Susah dan sakit banget kalo udah anyang2an mah ;(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iya teh, perihnya itu lohh... untung sekarang ada Uricran.
      makasih sudah mampir yaahh ><

      Hapus

leave your footprint here ;)