Menyoal Tugas Laporan Praktikum


Masi Posting dari Blog guwe yang ga jelas, guwe baru sadar kalo guwe pernah nulis ini. -__-"

***

Fapet lagi sibuk.
Ralat.
Gw yang sibuk karena kuliah di Fapet.
Praktikum-rapat-kuliah-praktikum lagi-rapat lagi...
dan begitu seterusnya.
Kenapa kuliah gw tulis paling akhir??
Tentu ada alesannya..
Well,
Gw baru tersadar setelah beberapa minggu terakhir angkatan gw disibukkan dengan praktikum yang menggila,( dan ternyata segini belom ada apa-apanya ).
Ajigile... -___-"
Saat gw masuk kelas,yang nampak adalah muka-muka beler,mata-mata lima watt,dan beberapa yang sudah tak bernyawa bersender di kursi.
Harusnya gw juga bersikap seperti mereka,tapi gw belom mengalami praktikum IBP. Shift gw ampir bertepatan dengan dimulainya UTS di fakultas peternakan,jadi gw gatau gimana rasanya selese praktikum yang dimulai pagi hari langsung masup kuliah,dengan perut keroncongan,2 jam dihujani materi sambil terkantuk-kantuk.dan selese kuliah langsung kembali nge-lab.
Gw hampir ngalamin hal itu.Almost.Hampir.
Untung cuma sehari,karena esoknya adalah Student Day, dan otomatis ga ada kuliah.* Ffffuuuuhh...*
Sebenernya yang bikin cape dari kesibukan praktikum adalah bikin laporan.karena bikin laporan itu samadengan nyari materi ke perpustakaan,ke internet,ato kalo mau yang lebih simpel minjem laporan jadul punya  kaka kelas a.k.a awetan,,gara2 kegiatan tak bermoral yang sering banget dijadiin jalan pintas sama seluruh anak peternakan entah itu praktikan atau asisten praktikum yang juga seorang praktikan di leb lainnya maka kelas gw,yang dikompor-komporin sama ketua non-formal Abidin dkk memutuskan untuk protes sama para asisten agar nggak diwajibkan bikin laporan seperti yang selama inih selalu diwajibkan. Dengan semangat menggebu,kemeja warna putih bawahan warna gelap * waktu itu adalah tanggal 28 Oktober yang artinya sumpah pemuda *, kita teriak kenceng-kenceng di kelas yang dosennya belom dateng "Hiduuuuuup...!!!"
Kenapa kita seheboh demikian??
Buat kita laporan praktikum jadi gak punya makna apapun.walopun kita juga sebenernya ngerti banget kalo tujuan asisten nyuruh bikin laporan adalah biar kita semua bisa sekalian belajar memahami isi dari praktikum ituh.selaen mungkin tujuan utamanya adalah melanjutkan budaya dari asisten-asisten sebelumnya yang juga nyuruh bikin laporan sama dia.
Tapppiiiii.....
Kita semua uda keasyikan dengan rutinitas copy-paste-laporan-punya-kakak-kelas. Tugas laporan itu jadi nggak begitu berpengaruh banyak sama kinerja otak anak-anak fapet kebanyakan.
Tentu saja guwe pun sesungguhnya termasuk golongan mahasiswa dengan Hobi Copy-Paste awetan ato nyontek laporan temen. *Hallaaah*.

Tugas laporan jadi gak punya makna selaen kegiatan agar nilai praktikum kita jadi sempurna.
Kita nyari lampiran dengan mengandalkan kawan paling rajin di kelas,lalu meng-copy materi yang udah mereka dapat, kita jarang rela memaksakan diri dateng ke perpus,memilah-milah buku satu-persatu buat nyari materi yang pas.

Sering banget ada kejadian dimana anak kelas gw.entah itu yang paling males,paling rajin,paling pinter paling cantik,* ini gw...* ato paling males mandi dan seterusnya  (ini gw juga) ,gak masup kuliah gara-gara harus ngerjain laporan yang mesti dikumpulin hari itu.ato bangun telat gara-gara ngebut semaleman ngerjain laporan.
Emang kalo diidentifikasi * cailah bahasanya...* diperhatikan secara seksama,diamati dengan lebih teliti,sebenernya yang salah siyy kita-kita juga,
Seharusnya kita gak ngerjain laporan mepet-mepet waktu ,seharusnya kita gag berpangku tangan doang dengan nunggu kopian dari kawan yang rajin dan baik hati,--- *gw bangett*
Dan gak semestinya kita selalu mengandalkan awetan.
Seharusnya kita semua emang gak bersikap kayak gitu.
Seharusnya....
Tapi,
Sekarang yang terjadi adalah SEMUA,HAMPIR SELURUH ANAK PETERNAKAN melakukan hal yang sama sampe berulang kali,dan tentunya turun-temurun.
Bahkan saat gw n kawan-kawan seangkatan udah heboh sama perkara laporan ptaktikum, kakak kelas kita, ketua UKM yang kita ikutin, sekaligus koordinator asisten di banyak Laboratorium sering bilang " Uda...sante aja, Lu tinggal minjem awetan sama si ini,si anu,si itu,dsb".
Ngopi awetan udah jadi hal yang biasa dilakukan sama seluruh mahasiswa,
Kalu gw pribadi si gak masalah,selagi nile gw baik2 aja,
Dan sekarang,kalo kejadiannya udah kayak begini,
Apa tugas untuk mengerjakan laporan hasil praktikum harus tetap diadain??

0 komentar:

Posting Komentar

leave your footprint here ;)